SURABAYA - Telah kita ketahui, di pasar ada banyak sekali terdapat berbagai varian merk beras yang dijual dengan harga yang beragam. Tetapi tahukah kita, bahwa beras sendiri memiliki beberapa jenis  dengan kualitas rasa nasi yang berbeda – beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan juga selera makan Keluarga Anda.

Beberapa jenis beras itu antara lain:
Picture
1. Beras Bengawan, atau yang lebih lazim disebut dengan Beras IR – 64:

    a. Ciri – ciri fisik:
        - Beras Bengawan atau Beras IR – 64 memiliki ciri – ciri fisik yang panjang, dan kurus.
        - Beras Bengawan atau Beras IR – 64 juga memiliki warna putih susu

    b. Tips Konsumsi:
        - Jika memang Keluarga Anda lebih menyukai beras yang mudah menyerap air, atau lebih banyak menghidangkan makanan berkuah, Beras Bengawan atau Beras IR – 64 adalah pilihan yang tepat untuk konsumsi Keluarga Anda.
        - Beras Bengawan atau Beras IR – 64 juga bisa menjadi pilihan yang tepat apabila Anda ingin memasak Nasi Goreng


Picture
2. Beras Membramo

    a. Ciri – ciri fisik:
        - Secara sepintas, Beras Membramo mempunyai ciri fisik yang nyaris serupa dengan bulir Beras Bengawan atau Beras IR – 64, yang membedakan hanyalah bentuk bulir nya yang sedikit lebih pendek, dan agak gemuk.
        - Beras Membramo umumnya berwarna putih bening

    b.Tips Konsumsi:
       - Beras Membramo lebih tepat apabila dikonsumsi tanpa menggunakan makanan berkuah. Dikarenakan Beras Membramo nasinya lebih pulen / punel apabila     dibandingkan dengan Beras Bengawan atau Beras IR – 64.


Picture
3. Beras Menthik atau yang lazim disebut oleh masyarakat kita dengan nama Beras Pandan Wangi:

a. Ciri – ciri fisik:
    -). Beras Menthik memiliki bentuk bulir yang cenderung bulat gemuk, dengan ukuran bulir yang pendek.
    -). Beras Menthik memiliki bau wangi alami seperti Aroma Daun Pandan.

b. Tips Konsumsi:
    -). Beras Menthik selain menjadi  kesukaan beberapa masyarakat perkotaan dikarenakan nasinya pulen / punel, beras Membramo juga  biasanya dijadikan nasi konsumsi restoran – restoran Jepang.
        -). Karena beras Menthik memiliki tingkat kelengketan seperti ketan yang cukup tinggi, tidak jarang beras ini dijadikan Sushi yang dihadangkan di Restoran Jepang


Apakah itu berarti kita harus menyediakan jenis per jenis beras yang ada di atas untuk keperluan Keluarga kita?

Atau haruskah kita menanak jenis beras yang disesuaikan dengan jenis masakan yang kita sedang masak hari itu?

Sebetulnya tidak perlu se – kompleks atau se – detail itu dalam menghidangkan nasi yang sesuai dengan kebutuhan masakan Anda sehari – hari. Semuanya bisa kita cari jalan tengahnya, tinggal Anda memilih kira – kira jenis beras apa di atas sana yang sesuai dengan selera Anda pribadi. Berikut tips cara menanak beras, yang bias disesuaikan dengan kebutuhan masakan Anda hari itu:

1. Jika Anda memutuskan untuk membeli serta meng – konsumsi Beras Bengawan atau Beras IR – 64 sebagai konsumsi sehari – hari Keluarga Anda, berikut adalah cara mudahnya dalam mengakali Beras Konsumsi kita sehingga lebih fleksibel:

    a. Jika kita ingin makan – makanan kering (non – kuah), kita bisa mempersiapkan Beras Bengawan atau Beras IR – 64 kita dengan cara menanaknya dengan menggunakan lebih banyak air, dikarenakan beras ini adalah beras yang sangat suka menyerap air. Dengan menanak menggunakan banyak air, secara ajaib Beras Bengawan atau Beras IR – 64 akan memiliki kontur nasi yang pulen / punel.
   
    b. Jika kita ingin makan – makanan ber kuah kita bisa mempersiapkan Beras Bengawan atau Beras IR – 64 kita dengan cara menanaknya dengan menggunakan sedikit air. Metode ini juga bias berlaku apabila kita ingin memasak nasi goreng, lebih baik kita mempersiapkan beras yang di – tanak dengan menggunakan sedikit air.

2. Sama hal nya juga jika Anda memutuskan untuk meng – konsumsi Beras Membramo, dan Beras Menthik atau Beras Pandan Wangi sebagai konsumsi, berikut adalah cara mudahnya dalam mengakali Beras Konsumsi kita sehingga lebih fleksibel:

    a. Jika kita ingin makan – makanan ber kuah kita bisa mempersiapkan Beras Membramo, dan Beras Menthik atau Beras Pandan Wangi kita dengan cara menanaknya dengan menggunakan sedikit air. Untuk memasak nasi goreng tidak disarankan bagi Anda untuk Beras Menthik atau Pandan Wangi, dikarenakan kontur dasarnya yang agak lengket seperti ketan.

    b. Jika kita ingin makan – makanan kering (non – kuah), kita bisa mempersiapkan Beras Membramo, dan Beras Menthik atau Beras Pandan Wangi kita dengan cara menanaknya dengan air yang secukupnya, karena masing – masing beras ini sudah memiliki sifat dasar kontur beras yang punel, juga lengket.

Semoga Informasi yang Kami hadirkan ini bias menjadi sebuah Pencerahan, juga Pengetahuan baru seputar Beras, beserta Kegunaan, dan Tips – Trik nya.


***Dikutip dari berbagai Sumber



Leave a Reply.