Picture
SURABAYA - KEMIRI bukan lagi berfungsi sebagai Bahan Masak, itu yang sudah kita yakini ketika kita membaca artikel – artikel sebelumnya yang ada di dalam website ini. Sebelumnya kita telah membahas berbagai macam fungsional KEMIRI antara lain; KEMIRI sebagai Produk Herbal, KEMIRI sebagai pengganti MSG/Vetsin, KEMIRI sebagai bumbu masak makanan berkuah, dan yang paling terakhir ‘KEMIRI sebagai Produk Kecantikan, Part. 1’.

Disini kami akan kembali melanjutkan kegunaan KEMIRI sebagai Produk Kecantikan, makanya saya menambahkan tambahan judul ‘Part. 2’ di dalam artikel ini. Jika sebelumnya kita membahas bagaimana KEMIRI bisa digunakan untuk sarana perawatan rambut, hingga bahan utama pembuatan lulur untuk tubuh. Di artikel kali ini saya akan membahas fungsional KEMIRI sebagai lulur, saya mendefiniskan lulur sebagai scrub yang digunakan secara menyeluruh pada bagian tubuh kita. Karenanya kali ini aplikasinya hanya untuk perawatan wajah, dan kaki, saya cukup menggunakan kata ‘Scrub’ atau ‘Scrubbing’ untuk mengganti penggunaan kata Lulur dalam skala kecil ini.

Selain dipercaya mampu membersihkan kulit tubuh, dan memberikan tambahan nutrisi bagi kulit tubuh. KEMIRI juga dipercaya mampu membuat kulit wajah menjadi sehat dan berseri. Wowwww…. Penasaran cara penggunaannya? Mari kita simak cara – cara nya di bawah ini:

Picture
Aplikasi Kemiri sebagai Perawatan Kaki
1. KEMIRI sebagai Scrub Perawatan Kaki

Sebelum melakukan scrubbing dengan menggunakan KEMIRI di kaki, ada baiknya jika kita merendam kedua kaki kita dengan air hangat. Perendaman dengan menggunakan air hangat dapat melemaskan kulit mati yang telah mongering, dan mengeras. Selain itu perendaman kaki dengan air hangat juga dapat membantu relaksasi secara lebih maksimal bagi otot – otot kaki yang kaku. Setelah perendaman dirasa cukup, cuci kaki dengan menggunakan garam yang telah dicampur dengan essence peppermint sambil diberi pijatan di betis, dan telapak kaki yang berguna untuk memberikan relaksasi secara total, dan menghilangkan rasa lelah di kaki.

Setelah itu scrub pada bagian kaki, beri pijatan pada betis hingga paha untuk menghilangkan sel – sel kulit mati, dan memberikan rasa anti lelah pada kaki.

Bahan yang kita perlukan dalam pembuatan scrub KEMIRI ini adalah 4 butir KEMIRI, ¼   cangkir santan kental, atau susu jenis fullcream, dan 1 sendok makan parutan jahe. Cara membuatnya cukup mudah, dan sederhana yaitu haluskan KEMIRI dengan ¼ cangkir santan atau susu dalam blender. Setelah halus, santan yang tersisa dicampurkan sisa santan berrsama dengan susu fullcream, dan parutan jahe, setelah itu aduk adonan hingga merata. Setelah bahan telah sepenuhnya tercampur menjadi sebuah adonan, kita sudah dapat membalurkan / mengoleskan adonan tadi ke Kaki, dan diamkan selama beberapa saat.

Picture
Scrub Kemiri untuk Perawatan Kulit Wajah
2. Scrub KEMIRI sebagai perawatan wajah

Ada baiknya sebelum kita melakukan scrubbing pada bagian wajah, kita melakukan relaksasi terlebih dahulu dengan tujuan melancarkan peredaran darah di wajah. Relaksasi dilakukan dengan cara melakukan pemijatan pada seluruh bagian wajah hingga rambut. Bersihkan sisa – sisa tata rias di wajah Anda dengan menggunakan minyak (disarankan minyak Zaitun yang baik untuk kulit) yang telah dicampur madu, setelah itu basuh wajah dengan menggunakan kain lap yang telah direndam air hangat untuk memberikan relaksasi pada bagian wajah Anda.

Bahan yang harus kita siapkan untuk membuat scrub KEMIRI tidak berbeda dengan bahan yang kita gunakan dalam membuat scrub untuk kaki, dan lulur. Yakni; 4 butir KEMIRI, ¼   cangkir santan kental, atau susu jenis fullcream, dan 1 sendok makan parutan jahe. Cara membuatnya cukup mudah, dan sederhana yaitu haluskan KEMIRI dengan ¼ cangkir santan atau susu dalam blender. Setelah halus, santan yang tersisa dicampurkan sisa santan berrsama dengan susu fullcream, dan parutan jahe, setelah itu aduk adonan hingga merata.

Balurkan scrub KEMIRI ke seluruh bagian wajah, dan pijat perlahan untuk mengangkat sel – sel kulit mati yang menempel pada kulit wajah, sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah, dan memberikan efek kelembaban pada kulit. Setelah itu bersihkan wajah dari sisa – sisa scrub KEMIRI lalu steam wajah dengan menggunakan handuk yang telah direndam air hangat bercampur essence lavender yang berguna untuk memberikan rasa tenang, dan menjaga kelembaban wajah setelah proses scrubbing.

Setelah proses steam selesai, berikan masker buah almond pada wajah yang berguna untuk mengangkat kotoran – kotoran secara menyeluruh, untuk kemudian dilanjutkan dengan penggunaan masker alpukat yang bertujuan untuk mencerahkan serta menjaga kelembaban wajah. Lalu bersihkan wajah dari sisa masker alpukat dengan menggunakan sari mentimun untuk memberikan rasa segar secara menyeluruh.

Beberapa tips yang kami sajikan ini semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam merawat tubuh. Anda bisa mencapai hasil yang maksimal sama ketika Anda melakukan perawatan tubuh di Spa, tetapi dengan harga lebih miring, dan murah. Selamat mencoba.

***Dikutip dari berbagai sumber***




Leave a Reply.