_
Tanaman Kemiri selain berfungsi sebagai penyedap masakan, dan bumbu dapur. Ternyata tanaman kemiri juga dipercaya memiliki kegunaan sebagai salah satu obat alternative atau obat herbal yang telah dimanfaatkan secara turun temurun, dan dari generasi ke generasi sebagai obat tradisional atau jamu, dari berbagai macam penyakit.

Berikut adalah beberapa resep tradisional yang menggunakan bahan dasar Kemiri:
Picture
_1. Untuk Gangguan Pencernaan, dan Masalah Buang air besar:
a.       BAB (Buang Air Besar) Darah / Berak Darah : gunakan 20 gram kulit batang kemiri yang direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, sarin,g dan minum airnya dalam keadaan hangat.
b.      Obat Desentri (diare yang disertai darah di dalam kotoran) :  gunakan 10 gram kulit batang kemiri direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring, dan minum airnya dalam keadaan hangat
c.       Obat Diare : gunakan 20 gram kulit batang kemiri segar yang ditumbuk halus lalu direbus dengan menggunakan air 600 cc hingga tersisa 300 cc, saring, dan airnya diminum 2 kali sehari masing - masing sebanyak 150 cc.
d.      Obat untuk mengatasi sembelit : gunakan 1 buah kemiri, ditambah 2 siung bawah merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, 5 gram pulosari, 6 gram adas, dan setengah sendok teh garam. Semua bahan dihaluskan dan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan airnya diminum 2 kali sehari masing - masing sebanyak 200 cc.

Picture
_


2.       Untuk Kesehatan, dan Pemeliharaan Rambut :
a.       Rambut Rontok : gunakan 60 gram daun lidah buaya, dikupas kulitnya, ditambah 30 gram daun mangkokan dan 30 gram daun waru muda kemudian dihaluskan. Setelah itu, tambahkan 50 gram minyak kemiri hangat, aduk rata. Kemudian oleskan pada kulit kepala dan rambut hingga rata. Diamkan beberapa saat dan bilas hingga bersih.
b.      Penyubur, dan Penguat Rambut : gunakan 6 buah kemiri ditumbuh halus, tambahkan air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Gosokkan minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Lakukan 3 kali seminggu.

Picture
_

3.      Gangguan Lainnya:
a.       Obat Sakit Gigi : gunakan 3 tetes getah daun kemiri dilumaskan ke bagian yang sakit. Lakukan sebanyak 3 kali seminggu.
b.      Obat Bisul : gunakan 10 lembar daun pukul empat, ditambah 15 lembar daun kangkung dihaluskan, tambahkan minyak kemiri dan minyak kelapa secukupnya. Aduk rata lalu dioleskan pada bisul. Lakukan 2 kali sehari.
c.       Demam pada Anak : gunakan minyak kemiri secukupnya, lalu tambahkan 15 gram akar pulutan direbus dengan air secukupnya hingga mendidih. Kemudian minum ramuan tersebut ketika masih hangat.


Ternyata fungsi Kemiri dalam hal ‘mengusir’ penyakit bisa terbilang mumpuni, dan cukup teruji, mengingat Kemiri telah digunakan, dan telah bertahan semenjak jaman nenek moyang kita. Masih berpikir kalau fungsi, dan kegunaan Kemiri hanya semata – mata untuk Penyedap Rasa, dan Bumbu Dapur?

***dikutip dari berbagai sumber***